Senin, 19 Maret 2012

Hammer On & Pull Off

Tau Joe Satriani ga gan? Mungkin ada yang tau wajahnya, tapi ga tau namanya. Nih, ane kasih liat fotonya.
Kalo tau orang nya, pasti tau juga dong gimana karakter permainan gitar nya? Dia paling sering maenin melodi dengan teknik hammer on & pull off, atau biasa disebut juga legato. Dia juga seneng banget bikin gitar nya ngejerit kayak yang kecekik. ^_^ Atau bahasa orang pinternya Satch Scream.
Jadi buat postingan kali ini, ane mau share tab buat fokus ke Hammer On & Pull Off.
Oiya, mungkin ada yang belum tau apa itu hammer on & pull off. Hammer On adalah teknik membunyikan 2 nada atau lebih, dari nada yang lebih rendah ke nada yang lebih tinggi, hanya dengan 1 petikan.
Jadi, cuma nada ke 1 aja yang dpetik, nada berikutnya sedikit diketuk pake jari yang lain.
Kalo Pull off, kebalikan nya dari hammer on.
Dari nada yang lebih tinggi ke nada yang lebih rendah hanya 1 petikan. Jadi, pas nada ke 2 dan selanjutnya, kita menarik jari yang asalnya menekan senar yang nadanya lebih tinggi, biar power suara nya ga melemah, senar sedikit ditarik oleh jari kiri. Jadi suaranya tetap stabil.

Buat latihan hammer on & pull off, ane mau share sedikit. Langsung aja ke tablature.

Latihan 1
G Mayor
Latihan 2 
 A Minor
Latihan 3
A Minor
Coba maenin secara terus menerus gan. Buat ngelatih kekuatan jari juga. Soalnya buat yang belum terbiasa, pegel juga latihan yang kayak gini. ^_^
Kalo udah terbiasa, coba-coba bikin melodi yang banyak legato nya gan. Lumayanlah buat memperkaya teknik dalam melodi, ga harus selalu mengandalkan speed ko, biar keliatan ber "skill".

Selamat Berlatih.. ^_^

Tab Dance, Dance - Fall Out Boy
Sixtuplets Bag. 3
Tab Bring Me To Life - Evanescence
Sixtuplets Bag. 2
Tab Stricken - Disturbed

MORE..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar