Senin, 20 Februari 2012

Fingering / Melatih Sinkronisasi Tangan Kiri Dan Tangan Kanan

Pada Post sebelumnya tentang Belajar Teknik Picking Gitar, post kali ini tentang Fingering dan melatih sinkronisasi tangan.
Fingering biasa disebut oleh para pemain gitar dengan tujuan untuk pelemasan jari tangan kiri, agar semua jari tidak ada yang kaku untuk dimainkan. Kebanyakan orang paling sulit menggunakan jari kelingking.
selain dengan berlatih Fingering dengan gitar, kita dapat melatih kekuatan jari tangan kiri dengan menggunakan GRIPMASTER.

Bagi para pemula, banyak sekali yang kesulitan dalam bermain melodi cepat. Biasanya pada saat bermain di tempo cepat, tangan kiri dan kanan serasa tidak kompak. Terkadang tangan kiri bermain lebih cepat daripada tangan kanan. Alhasil, senar tidak dipetik dan di tekan secara bersamaan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya akan memberikan latihan kecil, tapi cukup bermanfaat untuk mengurangi kesulitan tersebut.

Langsung saja kita mulai dengan pola latihan pertama.

Latihan 1

Latihan 2

Latihan 3

Latihan 4

Latihan 5

Latihan 6

Angka 1 = tekan dengan jari telunjuk, fret 1
Angka 2 = tekan dengan jari tengah, fret 2
Angka 3 = tekan dengan jari manis, fret3
Angka 4 = tekan dengan jari kelingking, fret 4

Lakukanlah secara simultan (terus - menerus) naik turun dan usahakan tidak ada jeda pada saat perpindahan senar.
Mulailah dengan kecepatan lambat, jika sudah merasa nyaman dan bisa bermain rapi, kita bisa meningkatkan kecepatan sedikit demi sedikit.
Di anjurkan menggunakan bantuan metronome agar kecepatan tetap stabil.

Selamat Berlatih ^_^..

2 komentar:

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap, silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap, silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus